Antara Keberuntungan, Usaha dan Doa (Part III)

January 01, 2016

Resmi menjadi anak.ATP (Auditor Training Program) Batch II di Bank Mega, hari-hari yang gue dan temen-temen jalani ternyata tidak mudah. Setiap hari kita diberikan pembekalan materi di kelas dengan fasilitator/tentor yang berbeda-beda. Sehingga untuk mengevaluasi hasil belajar, biasanya diadakan postes setelah materi satu hari selesai. Tidak hanya itu, setiap hari sabtu nya kita juga wajib mengikuti ujian per-materi. Ga cuma satu, tapi satu hari itu bisa ada 3 materi ujian. BANYAK pokoknya.

Dari hasil ujian tersebut nanti di berikan nilai oleh fasilitator masing-masing materi. Ternyata itu juga ada standar kelulusan. Jika 3x sudah mendapat nilai merah bisa dinyatakan tidak lulus program. Gue selalu deg-degan buka web portal Bank Mega kalau mau liat nilai. Takut kalau sampai dapet nilai merah. Usaha dan usaha plus doa selalu di lakukan, serta tiada hari tanpa belajar.

Asiknya waktu training, gue bisa kenal sama temen-temen seperjuangan yang bisa dibilang sifat kita itu sama. Ga mau melanggar aturan, pokoknya udah saling klop satu sama lain. 2,5 bulan merupakan waktu yang singkat untuk sebuah perkenalan. Tapi kita bisa tau kalau ada yang ga suka kerupuk, ada yang ga suka pisang, kasih sama yang suka. ada yang ga suka sambel, kasih sama yang suka sambel. Ada yang tampaknya pendiem, eh ternyata lebih gila! Ah, pokoknya kita udah saling mengenal satu sama lain. Terlebih waktu outbound dengan vendor yang meski 2 hari tapi memberikan banyak pengalaman berharga. Kita di bagi ke dalam beberapa tim. Disuguhi dengan berbagai macam permainan yang ternyata ada makna di baliknya. Sumpah, ini pengakuan gue kalau selama hidup, baru ini gue yang bisa dibilang cepat banget deket sama orang. Temen kesusahan, dibantuin sama-sama. Yang pinter, ngajarin yang masih belum ngerti materi. Hingga beli lipstik rame-rame satu kelas gegara kelas grooming! (Sebenernya karena ongkir-nya biar murah).

1,5 bulan berlalu ternyata waktu kita flashback masalah interview yang bikin "deg-deg serrr" itu, cowo yang interview bareng gue namanya Orlando. Anak Binus, Jurusan Akuntansi, konsentrasi Auditing, dan gila. Kenapa gue bilang gila? Yaiya, gila dia ngapalin materi itu sampai titik koma nya hapal! Gue aja kadang kata-kata di materi sering ketinggalan waktu ujian. Ketinggalan di kost-an kayaknya. But, Orlando itu anak nya baik, lucu, mudah bikin orang ketawa, kadang juga sering bingung sendiri dan rempong sendiri. Terlihat waktu awal gue kenal dia (di ruang tunggu interview) dia nanya "eh, lo ada ngapalin audit ga sih?". Terus gue jawab dong "Ya... ga hapal-hapal banget. Tapi gue masih inget kayaknya. Soalnya dulu ujian kompre di kampus ditanyain audit juga". Dia cuma bilang "ooh..." dan langsung nunduk komat kamit bacain kertas. Lah gue bingung dong nih anak baca kertas apaan? Jangan-jangan jimat. Gue nyeletuk "lu baca apaan?" | "ooh ini skripsi gue tentang audit" | "emang di tanyain skripsi gitu?" | "ga tau katanya sih gitu" dan dia kembali sibuk dengan kertas-kertasnya. Gue mainin hape. Hmmm beneran nih anak kayaknya rempong banget :v

Iya, setelah 1,5 bulan di kelas, kita diberikan kesempatan untuk On the Job Training di kantor cabang dan pusat. Waktu pembagian kantor cabang, gue dapet di kantor cabang Bogor. Asik soalnya, di Bogor kan udaranya sejuk ga kayak di Jakarta. Di KC Bogor ada gue, Laras dan Way. Jadi gue nginap di Depok tempat Laras. Biar ke Bogornya deket, naik kereta. Selama seminggu setiap harinya kita bertiga menempuh perjalanan ke Bogor dengan kereta. Asik dong karena kita melawan arus. Arus ramai ke Jakarta kan kalau pagi. Sedangkan waktu pulang, arah Jakarta juga ga terlalu ramai. Banyak pelajaran yang kita dapat waktu OJT di Bogor.


Setelah seminggu OJT di Kantor Cabang, beralih OJT ke kantor pusat di Jl. Kapten Tendean, Jakarta Selatan. Biasanya kita materi di kelas juga di kantor pusat. Nah, kita di bagi menjadi beberapa kelompok juga dan ini beda kelompok sama OJT cabang. Terus kita gabung dengan tim-tim audit yang sudah ada alias dengan senior. OJT kantor pusat buat gue itu membantu banget untuk persiapan ujian komprehensif nanti. APA? UJIAN KOMPREHENSIF? Iya. Ga cukup ujian komprehensif lisan di kampus, disini kita bakal diuji lagi dan itu juga lisan. Gimana ga panik ya kan? Untuk bisa ikut ujian komprehensif, kita diberikan tugas akhir berupa makalah. Ya... mirip-mirip sama skripsi lah. Nantinya, makalah ini juga bakal di  presentasikan waktu ujian komprehensif.


Persiapan pun kita lakukan. Dari membagi meringkas materi per-orang sampai belajar kelompok juga diskusi. Gue takut banget. Takut kalau nge-blank di dalam ruangan waktu ditanya-tanya penguji. H-1 gue tetap belajar. Bukan mempelajari makalah, tapi malah baca materi lain. Kenapa? Karena kan komprehensif, yang artinya secara keseluruhan. Berarti kita harus menguasai setidaknya kulit luar dari semua materi kan? Makanya gue jadi kebawa panik. Hingga belajar sampai pukul 3.00 pagi. Sedangkan pukul 9 gue mendapat giliran pertama untuk di uji. Perasaan ga karuan banget waktu itu.


Senin, 14 desember 2015.

Tibalah hari penentuan apakah gue dan temen-temen bisa melalui program training ini serta mendapatkan kelulusan. Pukul 08.03 gue sampai di kantor dengan paniknya, berkeringat, tenteng tas bawa laptop. Sampai di kelas "Ica mana Ica?" Gio nongol dari balik pintu kelas. "Hah? Iya Gio? Kenapa?" Dengan polosnya gue nanya. "Buruan, Ca. Pengujinya udah pada dateng. Langsung ke ruangan aja ya". Eettdah! Gue baru dateng langsung di panggil. Bukannya jam 9? Batin gue. Gue langsung nyari alesan "Bukannya laptopnya masih belom ada?". Gio jawab "udah Ca semuanya udah siap di ruangan. Makalah kelompok lu juga udah". Oke, ga bisa nyari alesan lagi gue langsung takut "duuh Gio gimana nih? Gimana kalau gue gabisa jawab?" . Langsung aja Gio nasehatin gue. Lalu gue bareng Gio jalan ke ruang ujian. Yaampun. Deg-deg an banget. Mau bilang apa gue ntar di dalem? Mau bengong? 

Ternyata, semua penguji masih berkumpul di satu ruangan. Cerita-cerita pagi. Gue lega sementara karena masih bisa siapin mental gue beberapa menit. Sambil baca doa dan dzikir2, gue duduk di ruang tunggu berusaha tenang. Ujian komprehensif ini di bagi menjadi 3 ruangan di lantai 12. Masing-masing ruangan ada 3 penguji dan itu tidak semuanya dari IADT (Internal Audit) tetapi juga dari bagian lain seperti operasional, kredit, dan lain-lain. 


Tiba-tiba nama gue dipanggil untuk masuk ruangan. Ya Allah! Step ke 2 dalam hidup!

Gue masuk ruangan perlahan. Begitu kaki melangkah masuk pintu ruangan, entah kenapa dengan tegap tegar tenang gue bilang "Assalamualaikum". Tentunya salam gue di jawab sama bapak dan ibu pengujinya. Gue udah tenang. Nafas ga memburu. Kayak presentasi biasa di kelas. Beneran. Seperti arahan dari HRD, badan harus tegap jangan membungkuk. Sapu pandangan ke semua penguji termasuk observer di dalam ruangan. Oke, gue siap.


"Langsung mulai pak, bu?" Gue tiba-tiba nyeletuk nanya.

"Oh boleh, silahkan" bapak 1 menjawab.

Jadi gue kebagian 2 orang penguji laki-laki dan 1 orang penguji perempuan. Ya udah, gue mulai presentasi hasil OJT di kantor pusat. Kata per kata terucapkan dengan lancar. Ga panik lagi. Sampai akhirnya gue kelar presentasi, mulai di ajukan pertanyaan-pertanyaan yang lumayan bikin bingung. Ternyata semua yang ditanyakan itu berhubungan dengan makalah! Tapi untungnya gue bisa jawab dan mengerti pertanyaan yang di berikan. Berharap ga ditanya akuntansi, ternyata ditanyain jurnal pencairan kredit gimana. Gue jawab berdasarkan logika. Ga ngapal mati soalnya. Mikir dulu, bingung dulu. Lalu tulis jawaban di papan tulis. Satu setengah jam berlalu di ruangan itu. Ga kerasa tiba-tiba pengujinya bilang "udah, Hilda. Silahkan di tutup". Akhirnyaaa selesai! Alhamdulillah. 


Setelah menutup ujian komprehensif tersebut, tak lupa ucapkan terimakasih atas saran yang di berikan oleh penguji. Gue langsung keluar ruangan. Lihat kanan dan kiri, belom ada yang keluar ruangan ujian selain gue. Kemarin kata orang HRD "kalau waktu kalian di dalam ruangan tidak lebih dari satu jam, wah udah deh, udah pasti bermasalah dan bakalan ga lulus". Gue kepikiran. Trus cek jam tangan. Tadi berapa lama ya di ruangan? Kayaknya satu jam lebih dikit deh. 

Gue jalan ke kelas. Buka pintu kelas, temen-temen langsung serbu gue dan kelilingin gue nanya apa aja dan ngapain aja tadi di dalem ruangan. Yang jelas kan bukan duduk-duduk nyantai sambil ngopi ya? Gue jelasin ke temen-temen apa aja pertanyaan yang tadi gue terima. Setelah itu, gue panik lagi! Panik kenapa? Kan udah selesai? Iya. Panik karena ga tau hasilnya bakalan gimana. Gue cuma duduk terdiam di kursi sambil nungguin yang lain. Gue udah selesai dari jam 10 lewat. Sedangkan pengumuman lulus jam 5 sore. Lama bgt! Menjelang jam 5 sore gue gelisah, duduk menyudut sendiri sambil headset dipasang ke telinga.


Lama menunggu, akhirnya jam 5 datang juga. Gue dzikir dan dzikir. Shalat ga lupa. Lalu kita semua disuruh masuk ke dalam kelas untuk pengumuman. Gue kira pengumumannya sendiri-sendiri kayak waktu di kampus. Ternyata engga, langsung di umumin semuanya di kelas. Tapi hari itu baru setengah yang ujian. Setengahnya lagi dapet jadwal besok.

Dan... nama gue ternyata di sebut urutan kedua. Bapak kepala penanggung jawab ATP langsung membacakan "Hilda Yessica Vetrina. Koment positif dari bapak 1 adalah Hilda menjawab dengan tenang. Koment positif dari ibu 2... tenang. Koment positif dari bapak 3... tenang dan percaya diri" Sumpah ga nyangka kenapa bisa komennya penguji hampir sama gitu. Nilai kelulusan Hilda adalah... *ini rahasia*" Alhamdulillah gue dinyatakan lulus!

Gue langsung kabarin bo-nyok. Terimakasih papa atas saran doa nya sekali lagi. Bener-bener antara keberuntungan, usaha dan doa. Keberuntungan, gue ga terlalu memahami makalah tapi yang ditanya adalah semua tentang makalah. Usaha, banyak usaha yang udah dilakuin sampai kepada tahap ujian komprehensif ini. Doa, karena senantiasa meminta kepada-Nya agar dimudahkan selalu jalan Ica. 

Sampai tahap ini, rasanya udah banyak dipermudah oleh Allah. Apa yang ingin gue capai, dapat di lancarkan jalannya. Alhamdulillah. Terimakasih Ya Rabb. Semoga tahap selanjutnya tetap di permudah. Aamiin.

So...
Welcome, pegawai tetap! :D


Outbound dan tracking di The Jungle, Bogor.


On the Job Training, KC Bogor.



You Might Also Like

0 comments