Get Stronger and Healthier

October 01, 2020

Hai hai! Udah lama banget ya kayaknya ga nulis di blog ini. Hari ini udah mengumpulkan niat untuk bercerita lagi disini. Let's get started! Ini masih tahun 2020. Ya, udah 9 bulan berlalu di tahun ini tapi kebanyakan manusia di dunia mungkin menghabiskan waktunya dirumah. Kebanyakan ya. Bukan semua. Kenapa? Karena tahun ini banyak cobaan. Mulai dari awal tahun banjir di Jakarta, terus berlanjut dengan Virus Corona yang sudah menyebar ke seluruh dunia hingga sekarang. Di Indonesia baru terdeteksi itu bulan Maret lalu. Semenjak itu, kebanyakan perusahaan memerintahkan karyawannya untuk bekerja dari rumah. Termasuk kantor gue sendiri. Nah, kelamaan di rumah bikin gue jadi bosen, bingung mau ngapain kalau kerjaan udah selesai. Seringnya tiduran di kasur terus liat-liat instagram, twitter, youtube. Muter-muter disitu aja udah. Kadang Mobile Legend, kadang Netflix. Jadi kebanyakan kegiatan rebahan. 

Lama kelamaan gue ngerasa kok lemes banget dan males-malesan kayak gitu ternyata bikin metabolisme tubuh semakin melambat (ini gue ketahui setelah baca buku "Ikigai" bagus banget bukunya). Selain itu siklus menstruasi juga keganggu dan ga lancar. Beranjak dari situ, gue berniat pengen berubah tapi perlahan-lahan aja. 

Jadilah gue olahraga mulai dari 2 kali seminggu dulu, kadang running di akhir minggu. Makannya mulai coba catering makanan sehat karena males masak. Untuk sarapan gue dulu suka makan buah dan roti gandum pake peanut butter. Kadang makan oats. Tapi setelah baca-baca banyak, gue milih realfood aja. Tapi ga semuanya juga ganti realfood. Setelah itu, perlahan-lahan nambah latihan jadi 3 kali seminggu. Dan... Kebetulan banget @petitedivaa di instagramnya membuat challenge #30daysstrongertogether dimana dia upload video latihan di youtube yang bisa diikuti kapan saja dan sekaligus tiap hari doi ikut live latihan gitu di instagram sama kita. Jadi seru banget kan berasa ada coach nya gitu loh. Akhirnya semenjak challenge itu workout gue di kosan jadi teratur dan tiap hari kecuali hari minggu. Kadang kalau minggu gue tambahin sama latihan booty. Yang berarti tiap hari gue latihan.

Sebenernya challenge nya Kak Diva tuh yang bikin semangat gue tetap konsisten sampe sekarang untuk workout di rumah. Terus setelah jalanin ini selama kurang lebih 2 setengah bulan, apa aja sih manfaatnya? Wah, banyak banget sih :
  1. Lebih fit dong ya pastinya. Karena 2 setengah bulan sebelumnya gue adalah kaum rebahan jadinya lemes banget. Naik tangga aja ngosngosan. Sekarang naik tangga udah enteng. 
  2. Stronger that before juga. Gue yang awal-awal latihan cuma bisa plank 20-30 detik, sekarang udah bisa 1 menit. Awal latihan belum bisa side plank, sekarang udah bisa plank yang muter-muter. Push up juga udah bener gerakannya meski masih di topang di lutut. Tapi gue ngerasain bener sih semakin kuat. Dulu paha sakit kalo diajak squat. Sekarang bahkan squat bisa sampe 60 kali sekali latihan.
  3. Berat badan gue sering yoyo gitu loh. Suka naik turun. Dulu gue masih ngerasa kalo metabolisme tubuh gue masih cepet ya udah hajar aja makan apa aja oke. Terus kalo udah agak gendutan gue mulai mengurangi porsi makan dan sarapan diganti sarapan sehat (tapi ini pun ga setiap hari). Tanpa olahraga. Ya bener sih, seminggu jaga makan (kurangi porsi dan makan sehat sebagian) turun juga 3 kg. Tapi ternyata kesininya gue baru paham kalau itu ga baik. Karena kalo kayak gitu kita mengajarkan tubuh untuk menurunkan kebutuhan kalori hariannya sendiri. Misal dulu gue makannya di 1500 kalori. Tapi karena gue jaga makan jadinya makan cuma 1300 kalori. Nah kalau gue bosen terus makan yang asal-asalan lagi sampe 1500 kalori, otomatis berat badan naik karena tubuh udah ke-set di 1300 kalori perhari. Jadi kalorinya bukannya defisit tapi malah berlebih. Gara-gara sering begitu, berat badan jadi yoyo kan. Tapi sekarang berat badan stabil dong. Pola makan diatur sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan kalori harian dan ditambah latihan setiap hari, alhasil berat badan sekarang udah di angka 52 kg. Dibanding 2,5 bulan sebelumnya 54 kg. Turun 2 kg buat gue udah lumayan banyak. 
  4. Karena BB sering yoyo gitu, siklus menstruasi gue juga terganggu. Parah. Pernah sebulan ga dapet. Terus pernah juga mundur 2 minggu, dan pokoknya lebih dari 35 hari. Harusnya kalau siklus normal maksimal 35 hari ya. Pernah sampe ke dokter juga dan dokternya bilang "Kamu terlalu gendut. Harus turunin bb nya". Gue bingung dong gendut dari mana ya bb 56 kg tinggi 156 cm? Setelah gue pikir-pikir mungkin maksud dokternya BB gue naik drastis kali. Karena emang waktu itu lagi audit di Aceh dan kerjaannya kulineran mulu. Terus dulu mensnya sering ga lancar. Misal hari pertama dapetnya dikit banget kayak setitik. Terus hari kedua nambah dikit. Hari ketiga baru ngocor. Eh, setelah rutin olahraga, menstruasi gue balik lagi kayak waktu dulu pertama kali dapet pas SMP. Hari pertama langsung banyak. Sesenang itu. Dan sekarang siklus nya udah teratur ga lebih dari 35 hari.
  5. Tidur yang dulu nya suka jam 1-2 pagi. Sekarang jam 10 udah ngantuk. Tidur jadi teratur dan bangun pagi juga jadi cepet. Bisa berkegiatan banyak di pagi hari.
  6. Bonusnya, I got the best shape of my body. Dulu perutnya bloated banget, dan sekarang udah menyusut dong menuju rata. Yeay!
Itu sekilas yang gue alami beberapa bulan ini setelah konsisten makan-makanan sehat dan olahraga rutin. Gue harap bisa mempertahankan ini sampai kapanpun dan konsisten. Ga boleh malas-malas. 

Tapi mungkin ada yang bertanya-tanya kali ya kayak abang-abang di gym waktu gue sebulan ngegym sebelum corona "Ngegym dimana kak? Badannya udah bagus". Gue jawab "Ga pernah ngegym bang aku". Sebenernya pernah sih dulu waktu di kantor yang lama. Tapi menurut gue itu olahraga biasa aja kayak zumba yoga pilates dll (itupun low impact karena latihannya juga jarang). Ke gym menurut gue sekarang ya buat angkat beban coy. Jadi makanya gue bilang ga pernah karena memang sebelumnya gue ga pernah olahraga yang weight lifting gitu. 

Sebenernya ada hal yang bikin body kita ke shape dengan baik. Cuma, ini kan ga mungkin didapat dalam waktu 2,5 bulan gue intens latihan kan ya? Menurut gue ini karena dari kecil gue udah suka olahraga. Ditambah hormon yang bekerja dengan baik juga kali ya. Jadi, Sports Journey gue itu :

  1. Dari TK udah suka lari-larian sana sini. Suka bergerak. Anaknya gabisa diem.
  2. SD gue dibeliin sepeda sama bokap. Jadilah sepedaan tiap hari. Selain itu, sekolahan gue dulu jauh dari rumah, sering jalan kaki dong pergi dan pulang sekolah. Ga tau juga kenapa waktu itu ga dianter bokap. SD kan juga udah ada pelajaran Penjaskes yak? Dulu di SD gue guru olahraganya ga ada, kita diminta untuk olahraga secara mandiri. Seringnya dulu main bola kasti. Cewe cowo gabung aja HAHA. Seru banget kalo diinget-inget. 
  3. SMP juga karena ada pelajaran Penjaskes. Gue sering nunggu-nunggu jam pelajaran Penjaskes. Karena apa? Karena gue paling suka materi tentang basket terus langsung praktek. Gue pas SMP ikut klub basket juga, tapi diluar sekolah. Jadi gue udah paham banget tuh dasar-dasarnya. Sering tanding juga keluar kota. Hampir setiap hari juga dulu latihan basket sampe SMA kelas 1 gue berenti karena kesibukan SMA juga.
  4. SMA masih suka banget dong olahraga. Nungguin banget juga pelajaran Penjaskes. Ini foto waktu SMA kurus sekali T.T
  5. Sampe akhirnya pas kuliah, gue udah jarang olahraga. Paling sekali sebulan lari di Lapangan GOR H. Agus Salim di Padang. Itupun setelahnya nyari lontong buat sarapan. LOL. Tapi kuliah gue masih sering bergerak banget. Karena dulu gue naik angkot/bus kampus kalo ke kampus. Nyari gedung juga sering jalan kaki. Hitungannya masih bergerak banyak. Ga manja gitu. Meski makan udah banyak, makan pisang cokelat keju bisa dua porsi tapi ga gendut-gendut. Bahagianya :" Tapi pas kuliah dulu kurus banget sih. BB sekitar 43-48 kg kayaknya. Ga pernah sampe 50 kg. Ya mungkin karena uang jajan pas kuliah juga terbatas :D Ini foto semester 1 kuliah :

    Tahun ke-2 kuliah :D
  6. Kerja di sebuah bank di Jakarta, hari-hari gue masih banyak bergerak. Jalan kaki dari kosan ke kantor. Terus gue juga ikut kelas yoga zumba pilates step di gym kantor. Seringnya cardio sih. Tapi itu cukup untuk membuat BB gue stabil dan masih lancar-lancar juga menstruasinya. Sarapan seringnya bubur ayam, makan malam seringnya nasi goreng gila dan gue bodo amat. BB pas itu di antara 50-52 kg. Waktu itu sempat jaga makan banget juga. Tapi karena lagi mau tes kesehatan di PLN. Makanya makan dijaga. Abis tes, bablas lagi makan sembarangan. Ini foto waktu jadi bankers (udah lumayan berisi HAHA) :

  7. Bulan Maret - Juni 2017 juga ikut Diklat Prajabatan, dimana gue dulu di Samapta sama TNI juga, setiap hari banyak latihan-latihan fisik. Terus pembidangan di Bogor jalan kaki mulu sehari bisa 8-10 km dengan jalan yang naik turun. 




  8. Kerja di Medan, gue udah jarang gerak. Awal-awal masuk juga masih ada jalan kaki ke kantor. Eh, semenjak udah ada motor, gue ke kantor ga jalan kaki lagi. Di kantor juga seringnya duduk lama. Jarang gerak banget pokoknya. Yang lebih parahnya waktu itu karena sering ngaudit keluar kota jadilah badan semakin gembul. Ditambah WFH juga kayak sekarang. Jadi seneng rebahan. Terus sampe bulan Maret lalu ikut sebulan gym juga karena ada voucher. Akhirnya sekarang home workout aja, karena lebih aman juga, dan nyaman di kantong :p
Ini pas ngaudit aceh dan lagi ultah, kerjaannya kulineran terus.




Itu perjalanan olahraga gue yang sampe sekarang masih seneng olahraga. Makanya betis gue dari SD tuh udah gede coy, karena sering jalan kaki. Sekarang betisnya makin keliatan ototnya kalo udah pake heels. Untung gue keluar pake celana/rok panjang jadi ketutupan tuh betis. Gue percaya sih, semakin sering latihan, semakin terlatih tubuh kita, semakin baik juga shape yang didapat. Mungkin dibandingkan dengan orang yang jarang olahraga ya pastinya tubuh akan bergelambir karena lemaknya ga kesimpan di otot tapi dibawah kulit. 

Gue harap gue bisa konsisten deh sampai tua nanti. Doakan guys :)


Sekian cerita gue hari ini...
Salam sehat!

You Might Also Like

0 comments